SELAMAT DATANG DI WWW.SEPUTARKOTAKENDAL.BLOGSPOT.COM # MEDIA ANDA MENGENAL KABUPATEN KENDAL LEBIH DEKAT........................

Kamis, 27 Desember 2012

BUPATI BEBERKAN PEMBANGUNAN DI KENDAL SELAMA 2012 DI TVRI

KENDAL - Kegiatan Pembangunan selama 2012 di Kabupaten Kendal dipaparkan Bupati Kendal, dr. Widya Kandi Susanti, MM, CD dalam acara " Dialog Public " yang disiarkan secara live ( langsung ) di TVRI Stasiun Jawa Tengah pada pukul 16.00 - 17.00 WIB. Bupati didampingi Kepala Bappeda, drs. Bambang Winarno dan Asisten Ekonomi dan Pembangunan, drs Herudy Soekamto menerangkan berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Kendal dan program pembangunan dan hasil-hasilnya selama tahun 2012.
Bupati Widya mengatakan, bagaimana supaya kabupaten kendal bisa maju dan masyarakat puas dengan pelayanan yang dilakukan pemkab beserta seluruh SKPD yang ada, yaitu dengan bekerja keras, menggali berbagai potensi dan mengenali serta mewujudkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat Kabupaten Kendal.



Dikatakan, pembangunan Pelabuhan Kendal yang saat ini sudah mencapai 80 % nantinya akan terintegrasi dengan Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK ). Kendal merupakan satu-satunya kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki kawasan ekonomi yang khusus dan tertintegrasi. Ke depan, KEK yang meliputi lahan seluas 2830 hektar, ( saat ini yang sudah dibebaskan seluas 500 Hektar ) akan menjadi salah satu tulang punggung kekuatan ekonomi Kabupaten Kendal.
Proses pembebasan tanah diharapkan lima tahun lagi akan kelar dan pembangunan bisa segera dilakukan. Pemkab melibatkan pihak ketiga dalam pembebasan tanahnya. Sedangkan infrastruktur jalan akan ditangani pemda dengan anggaran dari pusat, provinsi dan APBD.
Pelabuhan Kendal sebagai kawasan penunjang KEK akan dilengkapi juga dengan jalur kereta api khusus peti kemas dan fly over untuk mendukung mobilitas barang. Untuk mengundang investor masuk untuk mengisi KEK, bea masuk dan perijinan. Selain itu, UMK yang rendah di Kabupaten Kendal akan menjadi magnet bagi investasi di Kabupaten Kendal.
Sementara, untuk menata kawasan permukiman, dilaksanakan PLPBK ( Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas ) dengan beberapa desa yang mengembangkan potensi yang ada untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan warga. Di bidang lingkungan hidup, pemkab kendal melancarkan gerakan Go green dan Go Clean yang mewajibkan tipa desadan kelurahan membentuk Bank Sampah yang selain mendaur ulang sampah juga untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan ( sungai dan permukiman ).
Bupati juga menegaskan, program MDGs terutama dengan Jelajah Desa-nya akan terus dilakukan agar tercapai target yang ditetapkan pada 2014 mendatang juga agar Kendal yang maju, mandiri dan berdaya saing bisa terwujud.
" Dialog Khusus " Bersama Bupati Kendal Tentang Lingkungan Hidup

Usai tampil secara live yang disiarkan lewat TVRI Jateng, Bupati Widya menjadi nara sumber dalam program acara " Dialog Khusus " di stasiun televisi swasta Pro TV Semarang pada pukul 18.00 WIB. Dalam acara tersebut bupati menjelaskan tentang Program SUSU ( Sak Uwong Sak Uwit ) yang merupakan Perda Nomor 3 tahun 2012 yang mewajibkan pasangan yang baru menikah untuk menanam dua pohon buah lokal.
Program tersebut mengantar Bupati Widya memperoleh penghargaan ENO ( Environment On Line ) sebagai satu-satunya pemimpin daerah yang menerapkan peraturan daerah tentang penanaman pohon untuk menyelamatkan lingkungan. Program ENO sudah diikuti oleh 35 kabupaten di seluruh Indonesia dan 140 negara serta 10 ribu sekolah si seluruh dunia.
Penanaman pohon yang digagas Bupati Widya lewat pasangan yang akan menikah merupakan rintisan untuk membuat Ruang Terbuka Hijau ( RTH ). Apabila RTH yang merupakan sinergi antara taman dan pohon buah sudah terbentuk dan pohon sudah berbuah maka akan dibentuk koperasi untuk mengelola hasil panen buah. RTH juga dapat dijadikan sebagai destinasi wisata sebagai tujuan wisata ekologi. ( written by hedj / mass media )

Sumber:  http://www.kendalkab.go.id/index.php/berita/item/550-bupati-beberkan-pembangunan-di-kendal-selama-2012-di-tvri. Ilustrasi gambar kami ubah karena satu pertimbangan, anda bisa melihat ilustrasi yang asli pada sumber diatas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar