SELAMAT DATANG DI WWW.SEPUTARKOTAKENDAL.BLOGSPOT.COM # MEDIA ANDA MENGENAL KABUPATEN KENDAL LEBIH DEKAT........................

Selasa, 03 Desember 2013

Infrastruktur Jalan Kabupaten Dianggarkan Rp 100 Miliar

KENDAL, suaramerdeka.com - Pemerintah Kabupaten Kendal sepertinya serius untuk memperbaiki infrastruktur jalan kabupaten yang sering menjadi keluhan masyarakat. Pemkab melalui Dinas Bina Marga Sumber Daya Air Energi dan Sumber Daya Mineral menganggarkan Rp 100
miliar khusus untuk infrastruktur jalan kabupaten pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2014.
Anggota Komisi C DPRD Kendal, Rubiyanto, mengatakan, pada RAPBD 2014 yang diusulkan eksekutif kepada legislatif, pemkab melalui Dinas Bina Marga mengajukan perbaikan jalan tingkat kabupaten sebesar Rp 100 miliar. Sementara untuk perbaikan jalan akses menuju lingkungan atau perkampungan warga yang dikelola Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Ciptaru) nilainya Rp 60 miliar.
Dia mengatakan, penyebab jalan kabupaten mudah rusak, karena beban jalan tidak sebanding dengan kendaraan yang melintas. Jalan kabupaten memiliki kapasitas maksimal kendaraan dengan berat delapan ton, tetapi pada kenyataannya, jalan dilalui kendaraan dengan berat lebih dari delapan ton. Bila terus seperti itu, ruas, jalan tentu akan mudah rusak.
''Jalan lingkungan lebih tahan lama, karena kendaraan yang melintas, tonasenya lebih kecil dibanding kapasitas jalan,'' kata dia, Jumat (1/11).
Dinas Bina Marga, kata dia, perlu mengedepankan biaya pemeliharaan yang lebih besar. Sebab, pada 2013, biaya pemeliharaan jalan kabupaten hanya Rp 10 miliar. Jumlah itu sangat tidak cukup.
Minimnya anggaran pemeliharaan, menyebabkan kualitas pemeliharaan jelek, sehingga jalan mudah rusak. Jika jalan kabupaten panjangnya
sekitar 700 kilometer, idealnya setiap satu kilometer dianggarkan untuk pemeliharaan Rp 100 juta, sehingga perbaikan bisa dilakukan secara berkesinambungan dan ke depan hasilnya akan lebih baik.
''Anggaran Rp 100 miliar tersebut, sebesar 70 persen bisa untuk pemeliharaan dan sisanya pembangunan yang membutuhkan skala prioritas,'' tuturnya.
( Rosyid Ridho   / CN34 / SMNetwork )

Sumber: http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/11/02/177993/Infrastruktur-Jalan-Kabupaten-Dianggarkan-Rp-100-Miliar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar