SELAMAT DATANG DI WWW.SEPUTARKOTAKENDAL.BLOGSPOT.COM # MEDIA ANDA MENGENAL KABUPATEN KENDAL LEBIH DEKAT........................

Minggu, 14 Juli 2013

Maspion Group Siapkan Ekspansi ke Kendal


Salah satu produsen perkakas terbesar di Indonesia, Maspion tengah menyiapkan ekspansi usaha dengan mendirikan pabrik baru di Kendal, Jawa Tengah. Hal itu diungkapkan Presiden Direktur Maspion Ali Markus usai bertemu dengan Menteri Perindustrian MS Hidayat di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu (10/7).“Produksi di Kendal ini nantinya untuk memenuhi kebutuhan di Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah,” ujarnya seusai pertemuan.
Pabrik di Kendal itu nantinya akan dibangun di lahan seluas 50 sampai 100 hektare. Menurut Ali dibutuhkan waktu satu tahun untuk melakukan persiapan sebelum memulai produksi. Pabrik itu akan memproduksi sekitar 20 persen dari kebutuhan secara keseluruhan. “Nantinya akan memproduksi peralatan rumah tangga seperti teflon, panci, setrika, penanak nasi dan kipas angin. Rencananya nanti jadi pusat industri di sana,” tuturnya.

Kendal dipilih karena upah tenaga kerja di sana lebih murah daripada di pusat industri Maspion di Surabaya. “Di Kendal UMR cuma Rp900.000, di Surabaya Rp1.240.000. Saya tidak melakukan PHK, hanya sebagian pabrik peralatan rumah tangga saya pindahkan ke Kendal karena upahnya lebih murah.”
Ketika sudah beroperasi penuh, pabrik di Kendal ini diharapkan bisa menyerap tenaga kerja hingga 10ribu orang dalam waktu empat tahun ke depan. Saat ini beberapa produk Maspion yang banyak diminati di antaranya adalah kipas angin yang diproduksi hingga 6juta unit setahun, dan setrika 15 juta unit setahun.
Terpisah, Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan Ali Markus juga berencana melakukan investasi di sektor smeter bauxite ke alumina dan juga smelter untuk nickel. (Sumber : www.metrotvnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar