SELAMAT DATANG DI WWW.SEPUTARKOTAKENDAL.BLOGSPOT.COM # MEDIA ANDA MENGENAL KABUPATEN KENDAL LEBIH DEKAT........................

Jumat, 02 Agustus 2013

AMANKAN MUDIK, APARAT KENDAL TERJUNKAN 750 PERSONIL

KENDAL - Pengamanan Jalur Mudik lebaran 1434 H yang melalui jalur Pantura Kabupaten Kendal sudah dipersiapkan matang dengan menerjunkan 750 personil keamanan di sepanjang Pantura. Sebanyak 550 anggota Polres Kendal ditambah dari TNI dan Linmas sebanyak 200 orang. Selanjutnya dari Polda Jateng mengirim satu kompi aparat dan satu tim resmob.
Komandan Kodim 0715 Kendal Letkol Kav Wiratno, SH mengatakan hal tersebut usai memimpin sebagai Inspektur Upacara Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Candi libur Lebaran 1434 H di halaman Polres Kendal, Kamis ( 1 / 8 ). Untuk mengamankan jalur pantura Kendal sepanjang 32 kilometer, dijelaskan Wiratno, Polres Kendal mendirikan 6 Pos Pam di Pantura Kendal dan Dua Pos Pam di wilayah Boja dan Sukorejo. Untuk membackup interval antara pos pam satu dan lainnya, akan didirikan 15 sub pos pam.


Polres Kendal juga akan memasang kamera CCTV di lima lokasi rawan kemacetan yakni di Poskota Kendal, Pos Polisi Pantes, Pertigaan Sriagung Cepiring, Pos Polisi Larasari Weleri dan Pertigaan Masjid Al Mutaqin Kaliwungu.
Sementara itu, perbaikan beberapa ruas jalur Pantura sudah selesai atau dihentikan sementara untuk memperlancar arus lalu lintas. Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Perhubungan telah mengadakan persiapan untuk menghadapi Arus Mudik 2013.
Petunjuk Arah Alternatif telah dipasang di titik-titik strategis. Sedangkan Traffic Light akan dioperasikan selama 24 jam dengan pengaturan waktu hijau (green time) lebih lama untuk Jalur Arus Mudik (arah Semarang) pada saat H-7 dan Jalur Arus Balik (arah Jakarta) pada saat H+7.
Personil PAM Lebaran terdiri dari unsur DISHUB, SATPOL PP, Petugas Kesehatan, POLRI dan TNI ditempatkan di 6 POSKO yaitu di Gambelangu/Pasar Sore Kaliwungu, RM Pantes Brangsong, Pos Kota/Patroli, Pasar Cepiring, Terminal Bahurekso dan RM Larasati Weleri. Adapun pengamanan di perlintasan KA dilakukan oleh petugas PT KAI, dibantu Hansip desa setempat bagi perlintasan yang tidak ada Pos Jaganya.
Untuk mengantisipasi kemacetan, telah disiapkan beberapa jalur alternatif diantaranya a)Weleri-Sukorejo-Patean b)Weleri-Cepiring-Kendal, c)Weleri-Gemuh-Pegandon-Kaliwungu, d)Weleri-Pegandon-Patebon, e) Patebon-Ketapang dan f) Kaliwungu-Boja-Limbangan.
Sedangkan untuk sarana penunjang kendaraan pemudik, 15 SPBU di Jalur Pantura dan 10 bengkel kendaraan akan buka 24 jam. Disamping itu Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) juga membuat Pos Simpatik dan Bengkel
Sementara itu, Apel Gelar Pasukan yang berlangsung diikuti oleh semua unsur keamanan termasuk Polri dan TNI. Satpol PP, petugas pemadam kebakaran dan Pramuka juga mengikuti apel tersebut. ( heDJ / MM )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar