SELAMAT DATANG DI WWW.SEPUTARKOTAKENDAL.BLOGSPOT.COM # MEDIA ANDA MENGENAL KABUPATEN KENDAL LEBIH DEKAT........................

Selasa, 28 Oktober 2014

Taman Garuda Kota Kendal Direnovasi jadi RTH

KENDAL – Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Ciptaru) Kendal saat ini tengah merenovasi Taman Garuda yang terletak di sebelah utara alun-alun kota Kendal. Taman yang terdapat patung burung garuda tersebut dibenahi supaya ke depan bisa digunakan untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH).
Sebelumnya taman tersebut sudah banyak dimanfaatkan warga untuk sekadar melepas lelah. Namun karena dinilai kurang representatif, taman direnovasi dan dilebarkan. Setiap sore, taman selalu ramai dikunjungi karena keberadaan PKL yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman.
Kasi Pertamanan Dinas Ciptaru, Agus Hermanto, mengatakan, taman yang berada tepat di depan Bank Jateng tersebut akan dilebarkan ke arah utara. Taman nantinya akan menyambung hingga dinding Bank Jateng.
Menurutnya, renovasi terbagi dalam dua tahap. Saat ini masih memasuki tahap pertama berupa peninggian taman dengan pengurukan dan pembuatan dinding yang mengelilingi taman.
“Tahap pertama menelan anggaran Rp 441 juta dengan kontraktor pelaksana CV Ar Rozaq dan masa pekerjaan 70 hari terhitung mulai 29 September 2014,” katanya, Senin (13/10).
Terkait keberadaan PKL di sekitar taman tersebut, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk penataan PKL. “Setelah renovasi selesai, PKL kami harapkan tidak kembali berjualan di sana. Taman itu supaya benar-benar menjadi RTH bagi masyarakat,” tambahnya.
Kabid Perdagangan Disperindag, Antin Kustiyah, mengatakan, pihaknya telah berupaya mencarikan lahan bagi PKL supaya tetap bisa berjualan tidak jauh dari lokasi alun-alun Kendal. Dikatakan, rencana semula PKL di taman garuda akan dipindahkan di sebelah barat Pasar Kendal, tetapi karena lokasinya sepi, rencana itu diurungkan.
Para PKL yang berjualan di sekitar Taman Garuda diberi tempat di Jalan Notomudigdo dan Jalan Habibproyo. PKL yang akan ditempatkan di Jalan Notomudigdo atau sebelah timur Kantor Bupati berada di sisi barat jalan dan menghadap timur. Sementara sebagian lagi ditempatkan di Jalan Habibproyo dan di sekitar LP Kelas II A yang membentuk letter L. Mereka yang akan di pindah bukan hanya PKL di Taman Garuda, tetapi juga yang berjualan di alun-alun. “Kami telah menyiapkan 81 kapling di tiga lokasi itu untuk PKL. Setiap kapling ukuran 4 meter x 4 meter. Hitungan kami terdapat 81 PKL, tetapi hitungan paguyuban pedagang terdapat 87 PKL. Kami masih akan menghitung kembali jumlah secara pasti PKL yang berjualan di kawasan alun-alun maupun di Taman Garuda,” tuturnya. (nur)

Sumber:  http://www.radarpekalonganonline.com/45531/taman-garuda-direnovasi-jadi-rth/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar