SELAMAT DATANG DI WWW.SEPUTARKOTAKENDAL.BLOGSPOT.COM # MEDIA ANDA MENGENAL KABUPATEN KENDAL LEBIH DEKAT........................

Jumat, 26 Oktober 2012

Eks Stasiun Kota Kendal Siap Jadi Lokasi Belanja

Semarang (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang berencana "menyulap" bangunan eks Stasiun Kota Kendal menjadi kompleks bisnis dan kafe di kabupaten setempat.

"Pemugaran bangunan eks Stasiun Kota Kendal saat ini masih dalam tahap penjajakan dan pengenalan oleh investor," kata Deputy Vice President PT KAI Daops IV Semarang Dwiyana di Semarang, Selasa.

Menurut dia, sampai saat ini setidaknya sudah ada dua investor yang mengajukan penawaran terkait pengelolaan aset PT KAI di Kabupaten Kendal yang termasuk salah satu bangunan cagar budaya tersebut.

Kedua investor itu, kata dia, sama-sama menawarkan konsep mengubah eks bangunan Stasiun Kota Kendal menjadi kompleks pertokoan dan "rest area", mengingat letak bangunan itu di lokasi yang strategis.



Didampingi Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Sapto Hartoyo, Dwiyana mengatakan pengelolaan aset bersejarah PT KAI tersebut akan tetap memperhatikan aspek-aspek pelestarian bangunan cagar budaya.

"Meski diserahkan pengelolaannya pada pihak ketiga, konsep pelestarian bangunan cagar budaya tetap dikedepankan. Dengan difungsikannya sebagai kompleks bisnis, aset itu tidak lagi terbengkalai," katanya.

Dengan "menyulap" bangunan eks Stasiun Kota Kendal menjadi kompleks bisnis, kata dia, antara konsep penyelamatan bangunan bersejarah dengan usaha yang berimplikasi pada pemasukan tetap sejalan.

Ia mengaku PT KAI tidak pernah tinggal diam berkaitan dengan pengelolaan aset bersejarahnya yang menjadi salah satu ikon Kabupaten Kendal, tetapi sulitnya mencari investor yang memiliki konsep konservasi jadi kendala.

Pemerintah Kabupaten Kendal, kata dia, pernah pula mengajukan investor untuk mengelola bekas stasiun pemberhentian kereta api (KA) teramai di kabupaten tersebut agar bangunan itu tidak terkesan mangkrak.

"Kami optimistis dalam waktu dekat lokasi itu akan menjadi titik keramaian yang patut diperhitungkan di Kabupaten Kendal. Sebab, selama ini kawasan tersebut hanya dijadikan sebagai pangkalan truk," katanya.

Dengan difungsikannya bangunan eks Stasiun Kota Kendal menjadi kompleks bisnis, kata dia, setidaknya bisa memberikan nilai plus dalam penilaian Adipura untuk kabupaten tersebut pada tahun mendatang.

Saat ini, diakui Dwiyana, hanya tinggal bangunan inti stasiun yang masih berdiri di areal seluas tujuh ribu meter persegi, sementara prasarana lainnya, seperti rel sudah menghilang tanpa jejak.

http://www.antaranews.com/berita/337783/kai-akan-sulap-eks-stasiun-kendal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar