SELAMAT DATANG DI WWW.SEPUTARKOTAKENDAL.BLOGSPOT.COM # MEDIA ANDA MENGENAL KABUPATEN KENDAL LEBIH DEKAT........................

Rabu, 03 Oktober 2012

Pemkab Kendal Berencana Bangun Rest Area

KENDAL, suaramerdeka.com - Pemerintah Kabupaten Kendal berencana membangun rest area (tempat peristirahatan) yang nyaman di Kabupaten Kendal. Gagasan tersebut muncul tidak lepas dari banyaknya kasus kecelakaan dan menelan korban jiwa. Tempat peristirahatan bagi pengguna jalan itu menurut rencana akan dibangun di eks Stasiun Kendal, Kelurahan Langenharjo, Kecamatan Kota Kendal.
Kepala Dinas Perhubungan Kendal, Subarso mengatakan, sepanjang jalur pantura Kendal lini satu, yakni dari Kaliwungu hingga Weleri, merupakan kawasan padat kendaraan dan rawan kecelakaan. Menurutnya, data yang ia peroleh dari Satlantas Polres Kendal, hampir saban hari terjadi kecelakaan.
''Musibah itu didominasi faktor human error seperti kelelahan dan mengantuk. Maka dari itu perlu dibangun rest area di pusat Kota Kendal,'' kata dia, Selasa (25/9).


Dia menjelaskan, salah satu lokasi yang cocok adalah di eks Stasiun Kendal, karena letaknya tidak jauh dengan kawasan alun-alun dan lahannya cukup luas, sekitar 1,5 hektar. Namun, Pemkab mengalami kendala, lantaran lahan tersebut diklaim milik PT KAI.
Sementara eks stasiun tersebut dibiarkan mangkrak dan menjadi tempat bangkai bus yang mengalami kecelakaan lalu lintas di Kendal. Di sana juga banyak digunakan sebagai tempat tinggal oleh gelandangan maupun pengemis. ''Bila dilihat dari jalan, eks stasiun itu sangat kumuh,'' terangnya.
Menurutnya, sepanjang pantura Kendal lini satu, memang banyak terdapat SPBU, rumah makan, dan mushala atau masjid untuk beristirahat. Namun, itu semua dinilai belum bisa memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan untuk beristirahat. Belum lagi faktor keamanan juga harus mendapat perhatian khusus.
''SPBU banyak digunakan sebagai tempat parkir kendaraan berat, sedangkan rumah makan, belum bisa memberikan tempat istirahat yang nyaman bagi pengendara motor maupun mobil. Sementara mushala dan masjid sebagai tempat ibadah, tentu pengguna jalan kurang bisa merasakan kenyamanan,'' tambahnya.
Pantauan Suara Merdeka di lapangan, eks stasiun Kendal, saat ini digunakan sebagai tempat penampungan bangkai bus akibat kecelakaan. Sejumlah tuna wisma terlihat tinggal di sana. Kondisi bekas stasiun tersebut bila di lihat dari jalan sangat kumuh. Bangunan stasiun yang berada di sana juga tidak terawat dan temboknya tidak lepas dari aksi corat-coret oleh tangan-tangan jahil.

Sumber:  http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/09/25/130938/Pemkab-Kendal-Berencana-Bangun-Rest-Area

Tidak ada komentar:

Posting Komentar