SELAMAT DATANG DI WWW.SEPUTARKOTAKENDAL.BLOGSPOT.COM # MEDIA ANDA MENGENAL KABUPATEN KENDAL LEBIH DEKAT........................

Sabtu, 16 Maret 2013

Penilaian Adipura Petugas Pengairan Bersihkan Kalibuntu dan Kali Kendal


KENDAL, suaramerdeka.com -Petugas pengairan dari Dinas Bina Marga, Sumber Daya Air, Energi dan Sumber Daya Mineral dikerahkan untuk membersihkan rumput liar yang tumbuh subur di dua kali di Kabupaten Kendal, yakni Kalibuntu dan Kali Kendal.
Kegiatan itu dalam rangka penilaian Adipura sekaligus mendongkrak posisi Kendal dalam peringkat. Sebab, pada penilaian tahun lalu, Kendal berada di posisi buncit dari 35 kabupaten/kota se-Jateng.
Pantauan Suaramerdeka.com, sejumlah petugas dari pengairan menyebar di beberapa titik sungai. Dengan peralatan seadanya, mereka membersihkan rumput liar yang memenuhi sejumlah titik di sepanjang sungai.
Kabid Pengairan Dinas Bina Marga, Sumber Daya Air, dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Kendal, Joko Sarwono, mengatakan dalam kegiatan resik-resik kali pembersihan Sungai Kalibuntu di jalur lini satu, mendapat prioritas.
Sebab, kondisi sungai yang penuh tanaman liar, menjadi salah satu penyebab banjir menjadi langganan di Kecamatan Kota  Kendal.

Demikian pula dengan Kali Kendal. Kondisi Kali Kendal justru lebih parah. Sedimentasi sungai di sana sudah lama tidak pernah dikeruk.
"Khusus Kalibuntu pembersihan dimulai dari RM Aldilla ke arah timur hingga jembatas pasar, sedangkan di Kali Kendal mulai depan minimarket ke utara hingga Ngilir," tuturnya.
Dia mengaku, pihaknya tidak memiliki anggaran yang besar untuk pengerukan sedimentasi di dua sungai tersebut.
"Kegiatan itu sama dengan kerja bakti untuk personel kami. Pekerjaanya tidak setiap hari. Setiap pekan hanya tiga hari. Saya perkirakan memakan waktu kurang lebih 1,5 bulan. Saat ini kami tidak memiliki anggaran melakukan pengerukan," kata dia.

Sumber: http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/03/13/148907

Tidak ada komentar:

Posting Komentar